Menu

BEM




LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
TRAINING BASIC ISLAMIC LEADERSHIP




LEMBAGA DAKWAH KAMPUS STIA TABALONG

TAHUN 2016
 



KATA PENGANTAR

            Dengan puji syukur kehadirat Allah SWT Kami Lembaga Dakwah Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong telah melaksanakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW pada tanggal 09 Januari 2016 di Ruang Auditorium kampus STIA Tabalong dengan partisipasi Mahasiswa, Dosen, Staf dan Masyarakat sekitar .
            Lembaga Dakwah Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong merupakan Organisasi Intra Kampus yang mana bergerak dalam bidang dakwah, diruang lingkup kampus khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Dalam kegiatan perayaan hari-hari besar Islam sudah menjadi kewajiban Lembaga Dakwah Kampus sebagai organisasi dakwah yang memperingati hari-hari besar Islam, seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW .
            Dengan diselenggarakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kami Lembaga Dakwah Kampus berharap, dapat meneladani akhlak dan kehidupan Rasulullah SAW sebagai bekal kita menjadi manusia yang unggul moralitas dan intelektual berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Tanjung, 26 Januari 2016
LD K STIA Tabalong




DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR................................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................................. ii
BAB I    PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.   Latar belakang ....................................................................................... 1
B.   Tujuan kegiatan ..................................................................................... 1
C.   Manfaat kegiatan ................................................................................... 2
BAB II   LANDASAN KEGIATAN........................................................................... 3          
BAB III  PENUTUP........................................................................................... ........ 4
LAMPIRAN............................................................................................................... 5
Ø  Foto-foto kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW................. 5
Ø  Realisasi Dana ........................................................................................ 13

 


BAB I


PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang

Begitu banyak hal yang terjadi di negara kita tercinta ini, baik berupa kemajuan maupun kemunduran. Hal yang memprihatinkan adalah terjadinya degradasi moral yang terjadi hampir merata di semua kalangan. Dari mulai korupsi sampai kasus penjualan bayi. Begitu memprihatinkannya  keadaan negeri ini, terlebih dengan kondisi generasi mudanya. Sepertinya telah terjadi perubahan pola pikir dan moral para generasi muda. Hal ini adalah pengaruh negatif dari globalisasi. Juga imbas dari kurang siapnya sikap mental masyarakat mengantisipasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dampak yang timbul diantaranya adalah maraknya peredaran narkoba di kalangan remaja dan mudahnya akses informasi negatif. Ditambah kaum muda mulai jauh dari ajaran agama. Majalah porno dan film horor telah merusak pola pikir mereka.
Penyebab lain dari degradasi moral tersebut karena masyarakat terutama generasi muda jauh dari tuntunan dan teladan Rasulullah Saw. Kebanyakan Generasi muda sekarang mengidolakan dan mengikuti gaya hidup para selebritis yang glamour dan jauh dari tuntunanNya.
Karenanya salah satu solusi perbaikan genenasi muda adalah membimbing mereka untuk meneladani akhlak mulia Rasulullah Saw. Akhlak beliau yang santun, jauh dari sikap amoral apalagi glamour. Bahkan Allah sendiri yang memuji akhlak beliau “Wa innaka laala khuluqin azhim” “Dan Sungguh Engkau (Muhammad) memiliki Akhlak yang mulia”.
Atas dasar  itulah Lembaga Dakwah Kampus STIA Tabalong berinisiatif  untuk menggelar kegiatan “Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW”, tujuannya selain untuk memeriahkan Peringatan Maulid Nabi juga sebagai salah satu upaya untukmenjalin ukhwah islamiyh serta mengajak masyarakat (generasi muda khususnya) kembali meneladani Rasulullah SAW dan membudayakan membaca Shalawat di tengah kehidupan.

B.  Tujuan Kegiatan
              
 Tujuan dari kegiatan ini adalah:
1.      Ajang silaturahim mahasiswa dan Dosen
2.      Memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muahammad Saw
3.      Menumbuhkan cinta terhadap Rasulullah Saw
4.      Menumbuhkan kesadaran untuk  meneladani kehidupan Rasullulah Saw
5.      Membudayakan shalawat di tengah masyarakat (Generasi muda khususnya).



C.    Manfaat Kegiatan

Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah:
1.         Dapat mempersaudaraan  antar mahasiswa dan elemen kampus di STIA Tabalong.
2.         Untuk berpartisipasi memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW
3.        Menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan meneladani akhlak Rasulullah SAW di                                           lini kehidupan. 




























BAB II
LANDASAN KEGIATAN


1.       Al-Quran dan As-Sunnah
2.      “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (Al ahzab 33 : 21)
3.      “Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang beriman ucapkanlah shalawat dan salam penghormatan kepadanya” (Al Al Ahzab: 56)
4.      “Dan hendaklah ada golongan umat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar dan mereka itulah yang beruntung” (Al Qur’an, Surat Ali Imron: 104)
5.      Hasil Rapat Badan Kordinasi Lembaga Dakwah Kampus STIA Tabalong.


































BAB III

PENUTUP



Demikian laporan pertanggung jawaban ini kami buat untuk dapat diketahui dana dan kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang bertemakan “Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Kita tingkatkan Moralitas dan Intelektualitas supaya menjadi pribadi yang unggul berakhlakul karimah” yang sudah kami laksanakan pada hari Sabtu, 09 Januari 2016. Semoga kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kecintaan kita pada Rasulullah SAW, menambah ukhwah Islamiah dan juga berakhlakul karimah dalam kehidupan. Kami juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-setingginya kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan baik berupa dana ataupun pikiran untuk kelancaran pelaksaan kegiatan ini, semoga segala apa yang kita laksanakan ini bermanfaat dan dijadikan sebagai lahan dalam menambah amal ibadah kita kepada –Nya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Amin ya Rabbal ‘Alamiin.




                                                                                         Tanjung, 26 Januari2016



Ketua Panitia




                                NURDIN
Sekretaris




RADHA NORLIANI


                                               
Mengetahui,
Kabag Kemahasiswaan


SAROYO, S.Hut., MM
NIK. 005 057 051